Pusat Pengembangan Karir dan Alumni (P2K) Universitas Bhakti Kencana Bandung menyelenggarakan Softskills Development Program selama tiga hari dimulai pada Selasa, 31 Januari 2023 hingga Kamis, 2 Februari 2023. Acara ini merupakan agenda rutin P2K yang diselenggarakan di semester ganjil setiap tahunnya. Pelatihan ini menyajikan 6 tema yang sudah disesuaikan pada skill yang dibutuhkan untuk masa depan, yaitu

• Personal Development
• Emotional Intelligence
• Positive Attitude
• Interpersonal Skills
• Relationship Development
• Personal Branding
• Empathy and Collaboration Skills
• Personal Value
• Character Building

Pelatihan ini dihadiri oleh mahasiswa tingkat akhir dari tiga fakultas yang ada di UBK Bandung yaitu Fakultas Farmasi, Fakultas Keperawatan dan Fakultas Ilmu Kesehatan dengan total peserta sebanyak 440 orang.

Acara ini dimulai dengan sambutan dan pembukaan acara oleh Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Agus Mi’raj Darajat, S.Pd., S.Kep., Ners., M.Kep. dalam sambutannya beliau berharap dengan adanya acara soft skills ini kita dapat bersama-sama berupaya mempersiapkan dan meningkatkan daya saing, serta memaksimalkan potensi mahasiswa-mahasiswi Indonesia menuju karir dan usia produktif mereka di masa depan. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari fakultas yang diwakili oleh kaprodi atau sekprodinya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini terintegrasi antara pemaparan materi, praktej langusung dengan aktivitas individu atau permainan kelompok yang dievaluasi dengan rubrik penilaian yang telah ditentukan. Secara total seluruh rangkaian kegiatan dirancang setara dengan kegiatan pembelajaran berdurasi 8 jam.

Pelatihan Softskills Development Program 2023 ini dilaksanakan atas kerjasama dengan BMS GLOBAL Softskills Development Center yang menghadirkan A.M. Nasrulloh, S.Ip., MM., C.Ht. sebagai narasumber utama. Beliau merupakan Founder rapid YES program, Great from Home dan Inisiator berbagai gerakan Pemberdayaan Sosial Pendidikan.

Berpengalaman belasan tahun dalam pengembangan Softskills. Berbekal pengalaman yang mumpuni, beliau sukses memberikan materi disertai praktek langsung yang dipandu oleh Class Leader dan para fasilitator. Para peserta yang hadir sangat antusias untuk mengikuti seluruh rangkaian hingga akhir acara.

Hasil evaluasi akhir kegiatan pelatihan ini dilakukan menggunakan aplikasi Google form menunjukkan bahwa pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi softskills peserta yang hadir khususnya untukdalam melakukan komunikasi efektif, membangun kerjasama tim dan berpikir kreatif dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa.

Acara Softskills Development Program 2023 ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi. Panitia berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dalam kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *